Pada bulan Juni 2019, Old Port Montreal menyambut piramida PY1, sebuah pertunjukan multimedia imersif yang dibayangkan oleh Guy Laliberté, yang membawa Anda ke pengembaraan teknologi melalui ruang dan waktu. Setiap malam, acara yang berbeda disajikan dalam bentuk laser 3D, dengan tujuh tema berbeda: Candyworld, Underworld, Astral Plane, Pop, Sci-matic, Eyewonder, dan Taboo.

Kami berbicara dengan Pieterjan Ruysch, artis laser dan pembuat konten di belakang PY1; ia berbagi perjalanannya mengerjakan proyek, dengan 3ds Max di kotak peralatannya.

Belajar 3ds Max ... untuk seni laser

Saya percaya setiap orang memiliki kisah unik mereka sendiri dengan 3ds Max. Bagi saya itu di sekolah menengah, di mana saya mengeksplorasi minat saya pada animasi dan teknik mesin - saya benar-benar menyukai robot dan mesin yang bisa saya ambil, pegang, dan analisis. Itu juga pada titik di mana saya menemukan bahwa laser yang berasal dari mesin ini bukan hanya laser biasa; Saya belajar bahwa Anda dapat menggunakan perangkat lunak dan benar-benar menggambar foto Anda sendiri bersama dengan urutan animasi.
PY1 pyramids at night in Montreal's Old Port
PY1 Underworld lasers projections
Selama ini, saya memiliki akses ke lisensi pendidikan Autodesk 3ds Max . Saya pikir inisiatif ini adalah kesempatan luar biasa yang memungkinkan orang-orang muda menemukan cinta untuk desain 3D di usia muda. Saya akhirnya menemukan plugin ini oleh Pangolin Laser Systems dan menghubungi mereka. Sayangnya, sebagai anak berusia 16 tahun, uang agak menjadi masalah, jadi itu tidak bisa saya akses. Selain itu, proses pembuatan konten untuk seni laser memerlukan perangkat keras khusus untuk dijalankan, jadi saya bahkan tidak bisa melakukan percobaan.
Seiring waktu, saya membangun pengetahuan dan minat pada konten laser yang menarik perhatian Pangolin. Saya memiliki pengetahuan artistik dan teknis yang tidak dimiliki banyak orang, dan ini membuat mereka tertarik. Mereka memutuskan untuk berinvestasi pada saya dan akhirnya, saya menaiki tangga untuk bekerja bersama mereka. Seiring berkembangnya perangkat lunak, saya juga berevolusi bersama mereka.

Piramida PY1 baru dibangun

Saya mendapat angin PY1 kembali pada bulan Februari, 3-4 bulan sebelum saya mulai bekerja pada bulan Juni. Saya mendengar itu bergerak dari satu tempat ke tempat lain tetapi saya memiliki sedikit detail tentang itu. Mereka benar-benar ingin merahasiakannya sehingga tidak banyak yang dipublikasikan. Proses saya datang naik terjadi dengan cepat. Ketika saya berada di LA, saya bekerja di Coachella, tetapi begitu saya selesai, saya berada di pesawat menuju Montreal.
PY1 Astral Plane laser light show blue
PY1 Astral Plane laser light show pink
Ketika saya sampai di lokasi, saat itulah saya mulai melakukan pekerjaan saya, saat itulah semuanya menjadi resmi. Ini adalah tenda berteknologi tinggi yang dapat dilipat atau diisi dengan sejumlah besar peralatan. Ada ruang server besar di dalam yang bergerak ke kapal untuk pergi dari lokasi ke lokasi. Mereka memiliki peralatan yang menggunakan laser, jadi setiap kali mereka membutuhkan perawatan untuk pertunjukan itu sendiri (apa pun yang berhubungan dengan seni), di situlah saya akan masuk. Saya akan memperbaiki masalahnya, maka saya akan kembali ke pekerjaan lain.
Ada banyak departemen yang membentuk tim: 360 video dilakukan oleh departemen video, dan lampu kinetik dilakukan oleh departemen kinetika. Lampu kinetik digunakan untuk membuat bentuk di udara, di mana mereka akan jatuh dan membuat bentuk berdasarkan tema malam itu.
Departemen laser dan departemen mekanik adalah tempat saya memainkan peran kunci. Pekerjaan saya adalah memprogram dan membuat laser dan gambar. Urutan pematian skrip dan urutan kalibrasi semuanya disiapkan oleh kami. Setelah semua itu selesai, kami duduk dan membuat manual besar tentang cara mengoperasikan pertunjukan. Urutan kalibrasi perlu dijalankan setiap hari, dan tim kami tetap bersama kelompok itu sampai kami merasa bahwa mereka dapat mengoperasikan berbagai hal tanpa bantuan kami.

Teknologi di balik PY1

Saya pertama kali mulai bekerja sebagai magang di Pangolin Laser Systems - mereka mengembangkan perangkat lunak laser yang digunakan untuk membangun konten untuk PY1. Setelah magang, saya tetap tinggal, melakukan pekerjaan lepas menciptakan konten untuk acara tersebut.
PY1 red laser light show
PY1 laser light show is made with 3ds Max.
Saya menggunakan 3ds Max, khususnya plugin yang disebut LC MAX, untuk membuat pertunjukan laser. Ini adalah renderer 3D untuk 3ds Max yang mengubah kreasi menjadi apa yang kita sebut konten laser. Render ini adalah animasi vektor yang mirip dengan Flash, namun perbedaannya adalah kami menggunakan perangkat mekanis untuk memproyeksikan gambar. Ini bukan proyektor video biasa atau proyektor laser.

Tantangan teknologi

Salah satu kelemahan besar untuk mempelajari alat yang berbeda adalah waktu tidak selalu menjadi teman Anda - terutama ketika Anda berada di tenggat waktu. Ada saat-saat di mana orang hanya perlu melakukan sesuatu, jadi ketika ada jeda makan, saya akan melewatkannya karena saya ingin memastikan produk itu yang terbaik. Kadang-kadang, para Direktur akan datang untuk melihat apa yang sedang saya kerjakan selama istirahat, dan langsung ingin kontennya ditampilkan.
Ketika datang ke model laser 3D, tantangannya adalah desain harus super bersih. Hal-hal yang biasanya tidak Anda lihat karena warna, seperti blending, Anda sekarang tiba-tiba melihat karena meraih siluet, atau melihat lipatan dalam model, dan melihat hal-hal yang tumpang tindih secara tidak benar.
PY1 Candy Light laser light show
PY1 Candy Land colorful lasers
Karena teknologi yang mengandalkan perangkat mekanik, ia memiliki keterbatasan untuk apa yang dapat ditampilkan dan diproduksi. Mesin ini memiliki dua motor yang berporos untuk membantu mengarahkan sinar. Kecepatan juga menjadi kendala karena mesin hanya bisa bergerak begitu cepat.

Komunitas yang menginspirasi

Saya menemukan banyak orang di komunitas yang sangat menginspirasi, banyak yang menjadi siswa yang bekerja dengan lisensi pendidikan Autodesk. Sebagai siswa, mereka hanya meluangkan waktu untuk bereksperimen dan bermain-main, dan kadang-kadang mereka secara tidak sengaja menciptakan hal-hal menakjubkan yang menentukan pembelajaran mereka, dan itu sangat menginspirasi untuk menonton. Bahkan pemula yang berpikir pada tingkat yang berbeda membuat saya terpesona dengan apa yang dapat mereka ciptakan.
Sangat menyenangkan melihat bahwa 3ds Max berfokus pada umpan balik komunitas, di mana orang dapat menyuarakan keprihatinan mereka dan di mana mereka dapat ditindaklanjuti oleh tim pengembangan. Saat ini, semua orang dapat terhubung dengan cepat dan sangat penting bahwa pengembang terbuka untuk mendengarkan pembuat seperti saya.
Sebagai seseorang yang berasal dari latar belakang teknis, saya perlahan mulai mempelajari bagian artis dari diri saya ketika saya tumbuh bersama 3ds Max. Saya telah melakukan ini selama 10 tahun sekarang, dan ini semua tentang bereksperimen dan melihat apa yang dapat Anda lakukan dengan apa yang Anda miliki.
"Saat ini, semua orang dapat terhubung dengan cepat dan sangat penting bahwa pengembang terbuka untuk mendengarkan pencipta seperti saya."

Artis 3ds Max terus menerus

Saya adalah pengguna 3ds Max yang berdedikasi melalui dan melalui. Bagian 3D dibuat dengan 3ds Max dan bahkan sebagian dari gambar 2D. Misalnya, beberapa konten dalam pertunjukan yang menggunakan 3ds Max terdiri dari kucing dengan sinar laser yang keluar dari tangannya, dan jimat ini, yang juga diproduksi dan dibagikan selama acara untuk memperpanjang efeknya.

Setiap malam tema membutuhkan warna yang berbeda, jadi salah satu tanggung jawab saya adalah membuat kode yang dapat digunakan tim pencahayaan untuk dengan mudah menyesuaikan suasana hati dan membuat urutan yang indah. Menggunakan Mini Clock, yang mengikuti detak tempo musik per menit, laser dapat membaca tempo dan mengubahnya dengan itu.

PY1 Underworld laser light show

PY1 Astral Plane laser lightshow theme
PY1 Candy World laser lightshow theme
PY1 Sci-Matic laser lightshow theme
PY1 Pop laser lightshow theme
PY1 Eye Wonder laser lightshow theme
Bagian terbaik - setidaknya bagi saya dalam 3ds Max - adalah kekuatan dukungan pihak ketiga. Ada begitu banyak penyaji eksotis seperti Pencil + 4 yang saya gunakan sehari-hari, bersama dengan Illustrate renderer laser yang awalnya saya mulai main-main. Karena saya mulai dengan 3ds Max, saya terbiasa dengan antarmuka, dan sudah menjadi kebiasaan saya pada saat ini, dan saya tidak ingin menggunakan yang lain. Seiring waktu, sambil menghabiskan berjam-jam dalam program ini, saya harus melihat banyak hal berubah yang luar biasa. Alat favorit saya harus menjadi alat baris baru, yang memungkinkan Anda untuk menggambar langsung ke jala.

Pieterjan Ruysch dianggap sebagai salah satu pencipta grafik laser terbaik dan telah bekerja dengan banyak artis seperti Pink Floyd dan pada acara besar seperti Coachella.