Salah satu proses utama yang terlibat dalam menjalankan studio Anda
seperti mesin yang diminyaki dengan baik adalah memastikan hubungan yang
dipegang antara Anda dan klien Anda adalah yang sehat.
Ketika bisnis mulai berkembang dan klien mulai masuk, Anda harus
memastikan bahwa Anda tahu cara mengelola jalur komunikasi tersebut. Berikut adalah kesimpulan kami dari Produser Eksekutif Pixomondo , Natasha Francis, dalam membangun hubungan yang langgeng dengan klien Anda.
Komunikasi adalah kuncinya
Menjaga aliran informasi yang konstan antara klien dan vendor sangat penting.
Seharusnya ada pertukaran skrip dan informasi utama yang lancar,
sehingga kedua belah pihak selalu terbarui dan mengetahui adanya
perubahan atau permintaan menit terakhir.
Untuk memastikan ini, terlibatlah dalam proses dan diskusi sedini mungkin. Perencanaan dan penempatan staf untuk proyek-proyek VFX dari semua ukuran memerlukan komunikasi yang kuat dan efektif dengan klien Anda.
Kelola harapan - dan pad bila perlu
Sebagai sebuah studio, penting untuk memahami batasan dan harapan klien
Anda - dan mereka harus melakukan hal yang sama untuk Anda.
Ketika mendiskusikan garis waktu, misalnya, pertimbangkan waktu yang
diperlukan untuk perencanaan antara pengambilan gambar, mengunggah,
mengunduh, meninjau, dan menunggu waktu. Pastikan klien memahami jenis pekerjaan yang terlibat dan tahu apa yang diharapkan dari Anda, dan kapan harus mengharapkannya.
Meskipun padding umumnya harus dihindari, kadang-kadang bisa diperlukan. Klien yang sulit mungkin tidak mengajukan penawaran untuk menjaga harga tetap rendah. Anda akan ingin meninggalkan ruang padding kecil saat yang tepat, untuk memastikan klien tidak membangun harapan tenggat waktu, kualitas, biaya, dan banyak lagi yang tidak realistis.
Seperti yang dikatakan oleh Produser Eksekutif Pixomondo Natasha Francis, buat rencana, ketersediaan, dan harapan klien Anda jelas, dan semoga mereka akan melakukan hal yang sama sebagai balasannya.
Bangun kemitraan
Fokus pada menciptakan ikatan yang kuat dengan klien Anda sejak dini. Kepercayaan dan kesetiaan akan mengikuti. Bekerja bersama bermanfaat bagi Anda berdua.
Membentuk ikatan itu berarti Anda dapat memberikan pengiriman
sebelumnya, memberi peringatan kepada klien tentang tembakan yang sulit
atau rumit, dan memastikan pertukaran informasi terbuka dan jujur.
Sangat penting untuk mempertimbangkan proyek masa depan. Sebagai sebuah studio, Anda ingin membuat kesan yang baik pada klien, sehingga mereka menjadi klien yang kembali, koneksi yang kuat, dan bahkan duta merek dari waktu ke waktu. Seperti yang disebutkan Francis selama sesi Effect America-nya, perlakukan pertunjukan $ 5.000 seperti pertunjukan $ 1.000.000 - itu membantu membentuk rasa hubungan dan persahabatan.
Bersikap transparan
Jangan melebih-lebihkan garis waktu atau tenggat waktu yang tidak realistis.
Selalu menghindari membuat penilaian ulang dan harus membalik tawaran
sepenuhnya karena tim Anda kehabisan waktu atau sumber daya. Ini tidak hanya melukai studio Anda dan karyawannya, tetapi juga merusak hubungan klien.
Menyusun tim dan menempatkan karyawan di bawah tekanan ekstrem untuk
mengikuti komitmen yang tidak realistis hanya akan merugikan studio
Anda.
Penting untuk mengomunikasikan secara jelas nilai pekerjaan yang ada, dan tantangan yang berpotensi muncul. Jangan meninggalkan ruang untuk salah tafsir, dan tim Anda dan klien Anda akan berterima kasih untuk ini.
Jadilah manusia!
Menunjukkan kartu Anda dan menjadi nyata dapat terbukti menjadi cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan klien. Menunjukkan sedikit sisi emosional Anda dapat terbayar jika dilakukan dengan benar.
Banyak dari kita takut akibat terlalu terbuka dan jujur di tempat
kerja - tetapi ini juga bisa menguntungkan kita, karena semua orang
adalah manusia dan kita semua ingin saling membantu di akhir hari.
Komunikasi adalah kuncinya
Menjaga aliran informasi yang konstan antara klien dan vendor sangat penting.
Seharusnya ada pertukaran skrip dan informasi utama yang lancar,
sehingga kedua belah pihak selalu terbarui dan mengetahui adanya
perubahan atau permintaan menit terakhir. Untuk memastikan ini, terlibatlah dalam proses dan diskusi sedini mungkin. Perencanaan dan penempatan staf untuk proyek-proyek VFX dari semua ukuran memerlukan komunikasi yang kuat dan efektif dengan klien Anda.
Kelola harapan - dan pad bila perlu
Sebagai sebuah studio, penting untuk memahami batasan dan harapan klien
Anda - dan mereka harus melakukan hal yang sama untuk Anda.
Ketika mendiskusikan garis waktu, misalnya, pertimbangkan waktu yang
diperlukan untuk perencanaan antara pengambilan gambar, mengunggah,
mengunduh, meninjau, dan menunggu waktu. Pastikan klien memahami jenis pekerjaan yang terlibat dan tahu apa yang diharapkan dari Anda, dan kapan harus mengharapkannya. Meskipun padding umumnya harus dihindari, kadang-kadang bisa diperlukan. Klien yang sulit mungkin tidak mengajukan penawaran untuk menjaga harga tetap rendah. Anda akan ingin meninggalkan ruang padding kecil saat yang tepat, untuk memastikan klien tidak membangun harapan tenggat waktu, kualitas, biaya, dan banyak lagi yang tidak realistis.
Seperti yang dikatakan oleh Produser Eksekutif Pixomondo Natasha Francis, buat rencana, ketersediaan, dan harapan klien Anda jelas, dan semoga mereka akan melakukan hal yang sama sebagai balasannya.
Bangun kemitraan
Fokus pada menciptakan ikatan yang kuat dengan klien Anda sejak dini. Kepercayaan dan kesetiaan akan mengikuti. Bekerja bersama bermanfaat bagi Anda berdua.
Membentuk ikatan itu berarti Anda dapat memberikan pengiriman
sebelumnya, memberi peringatan kepada klien tentang tembakan yang sulit
atau rumit, dan memastikan pertukaran informasi terbuka dan jujur. Sangat penting untuk mempertimbangkan proyek masa depan. Sebagai sebuah studio, Anda ingin membuat kesan yang baik pada klien, sehingga mereka menjadi klien yang kembali, koneksi yang kuat, dan bahkan duta merek dari waktu ke waktu. Seperti yang disebutkan Francis selama sesi Effect America-nya, perlakukan pertunjukan $ 5.000 seperti pertunjukan $ 1.000.000 - itu membantu membentuk rasa hubungan dan persahabatan.
Bersikap transparan
Jangan melebih-lebihkan garis waktu atau tenggat waktu yang tidak realistis.
Selalu menghindari membuat penilaian ulang dan harus membalik tawaran
sepenuhnya karena tim Anda kehabisan waktu atau sumber daya. Ini tidak hanya melukai studio Anda dan karyawannya, tetapi juga merusak hubungan klien.
Menyusun tim dan menempatkan karyawan di bawah tekanan ekstrem untuk
mengikuti komitmen yang tidak realistis hanya akan merugikan studio
Anda. Penting untuk mengomunikasikan secara jelas nilai pekerjaan yang ada, dan tantangan yang berpotensi muncul. Jangan meninggalkan ruang untuk salah tafsir, dan tim Anda dan klien Anda akan berterima kasih untuk ini.
0 Komentar